BIOGRAFI

Biografi Syaikh Ibrahim bin Amir Ar Ruhaily

Nama

Ibrahim bin Amir bin Ali Ar Ruhaily

Kelahiran

Beliau dilahirkan pada bulan Rajab 1383 H di Musaijid, Saudi Arabia

Pendidikan

  • S1 Fakultas Syariah Universitas Islam Madinah tahun 1404-1405 H dengan predikat jayyid jiddan
  • S2 Fakultas Dakwah Jurusan Aqidah Universitas Islam Madinah, lulus pada tanggal 18 Syaban 1409 H dengan predikat mumtaz
  • S3 Fakultas Dakwah Jurusan Aqidah Universitas Islam Madinah, lulus pada tanggal 30 Muharram 1412 H dengan predikat mumtaz syaraf ula
Beliau menjadi profesor di Fakultas Dakwah dan Ushuluddin Universitas Islam Madinah untuk bidang aqidah di Universitas Islam Madinah sejak 14 Rabiul Awal 1428 H.

Guru-guru

  • Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad hafizhahullah
  • dll

Karya Ilmiah

Kitab-kitab yang beliau tulis diantaranya
  • Mauqifu Ahlis Sunnah wal Jamaah Min Ahlil Ahwa wal Bida
  • Tajridul Ittiba’ fi Asbabi Tafadhulil Amal
  • At Takfir wa Dhawabithuhu
  • Al Mukhtashar fi Aqidati Ahlis Sunnati fil Qadar
  • Ar Rad Asy Syadid ‘ala Matha’in Hasan Al Maliki ‘ala Aimmatid Dakwah wa Muqarrarat At Tauhid
  • Mahdhul Ishabah fi ‘Aqidati Ahlissunnah wa Mukhalifihim fis Shahabah
  • Tabri’ah Al Imam Al Muhaddits min Qauli Al Murji’ah Al Muhdats
  • Tazkiyatun Nafsi, Mafhumuha, wa Maratibuha, wa Asbabuha
  • An Nashihah Fi Maa Yajibu Mura’atuhu
  • An Nashihah fi Kaifiyati At Ta’amul ma’al Mukhalif
  • Ta’shilul Masa’il Mustasykilah min Jawabil Saail
  • Ikhtilaf Al Qiraat wa Atsaruhu fi Taqriiril Masailil I’tiqad
  • dll.
Kitab-kitab yang beliau syarah dan beliau ajarkan diantaranya:
  • Al Qadar, Ibnu Rajab
  • Risalah fil Qadar, Ibnu Taimiyah
  • Ushulus Sunnah, Imam Ahmad
  • Kasyfusy Syubhat
  • Lum’atul I’tiqad, Ibnu Qudamah Al Maqdisi
  • Al I’tiqad, Ibnu Abi Ya’la
  • Mauqifu Ahlis Sunnah wal Jamaah Min Ahlil Ahwa wal Bida
  • Syarah Al Aqidah Al Washithiyyah
  • Syarah Al Fatwa Al Hamawiyyah
  • Syarah Ar Risalah At Tadmuriyyah
  • Syarah As Sunnah Lil Khallal
  • Syarhus Sunnah, Al Barbahari
  • Syarah Ar Risalah Al Madaniyyah
  • Syarah Dzammu Qiswatil Qulub, Ibnu Rajab
  • Syarah Al Aqidah Ath Thahawiyah
  • Syarah Al Arba’in An Nawawiyah
  • Syarah As Sunnah, Al Muzanni
  • Syarah At Tahqiq wal Iidhah, Syaikh Abdul Aziz bin Baz
  • dll

Aktivitas

  • Dosen pasca sarjana jurusan Aqidah di Universitas Islam Madinah
  • Pengajar tetap di masjid Nabawi
  • Anggota Lajnah Syar’iyyah pembimbing imam dan muadzin masjid di Madinah
  • Mengisi daurah-daurah ilmiyyah baik di Saudi Arabia maupun di negara lain
  • Dll.

Pujian para ulama

  • Syaikh Sulaiman bin Salim Ar Ruhaili hafizhahullah :
    نقول ان هؤلاء مشايخ اهل السنة, الشيخ ربيع , الشيخ محمد بن هادي ,الشيخ عبد الله البخاري ,الشيخ ابراهيم بن عامر الرحيلي أرى انهم اهل السنة
    “kami katakan, bahwa mereka ini adalah para ulama ahlussunnah: Asy Syaikh Rabi (bin Hadi Al Madkhali), Asy Syaikh Muhammad bin Hadi, Asy Syaikh Abdullah Al Bukhari, Asy Syaikh Ibrahim bin Amir Ar Ruhaili. Saya memandang bahwa mereka adalah ahlussunnah” [1]
  • Syaikh Falih Ismail Al Mandakar hafizhahullah :
    الشيخ إبراهيم أخ عزيز، ومن خيرة الإخوان والمشايخ، وصاحب علم، وصاحب تمييز -ولله الحمد والمنة-، وصاحب فرقان -على اسم مسجدكم-يا إخوان!- الشيخ إبراهيم من أقرب وأحب الناس، مُعظِّم للعلماء، مُعظِّم للمشايخ -ولله الحمد-، ومن خير حمَلة العلم، لا والله؛ يُستفاد منه، ويُسأل، ويُرجع إليه، نعم. هذا الذي أعرفه
    “Asy Syaikh Ibrahim (Ar Ruhaili) wahai saudara sekalian, beliau adalah orang pilihan dan termasuk masyaikh pilihan. Beliau adalah orang yang memiliki keistimewaan -segala puji bagi Allah- dan orang yang memiliki furqan (maksudnya, kemampuan untuk menjelaskan kebenaran, pent.) wahai saudaraku! Asy Syaikh Ibrahim (Ar Ruhaili) termasuk orang yang paling dekat dan paling saya cintai. Beliau agung di kalangan ulama dan masyaikh -segala puji bagi Allah-. Beliau termasuk pembawa ilmu, yang layak untuk diambil faidah darinya dan layak untuk merujuk kepadanya. Demikian, inilah yang saya ketahui” [2]
  • Syaikh DR. Shalih bin Sa’ad As Suhaimi hafizhahullah pernah memuji kitab Syaikh Ibrahim Ar Ruhaili :
    وأوصيكم بقراءة كتاب صغير في حجمه وهو عظيم في معناه لأخينا فضيلة الشيخ الدكتور إبراهيم بن عامر الرحيلي وعنوانه النصيحة في كيفية التعامل مع المخالف، كتاب عظيم، ولا يجرمنكم شنئان من شنأَ على الشيخ
    “saya nasehatkan anda untuk membaca kitab, yang kecil ukurannya namun besar maknanya, karya saudara kami Asy Syaikh DR. Ibrahim bin Amir Ar Ruhaili yang berjudul An Nashihah fi Kaifiyati At Ta’amul ma’al Mukhalif. Sebuah kitab yang agung. Dan tidak memberi bahaya sedikit pun orang yang berbuat buruk kepada Syaikh Ibrahim” [3]
  • Dan pujian para ulama yang lain
Sumber:

Mereka Yang Meninggalkan Tasawuf (3) : Syaikh Muhammad bin Abdurrazaq bin Hamzah

Menuntut Ilmu Kepada Syaikh Rasyid Ridha

Imamul Haramain, Syaikh Muhammad bin Abdurrazaq bin Hamzah, adalah seorang ahli hadits Al-Azhar. Dari sisi nasabnya, beliau termasuk ahlul bait Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Beliau dilahirkan di desa Kafur Aamir tahun 1308 H. Mulai bersekolah disebuah tempat belajar, mempelajari Aljabar, teknik dan ilmu hitung hingga beliau jauh melampau teman-temannya. Selanjutnya beliau belajar di Al-Azhar juga di luar Al-Azhar (dengan banyak para Masyayikh) hingga selesai dan bergabung di lembaga Ad Dakwah Wal Irsyad yang di bangun oleh Syaikh Sayyid Rasyid Ridha, menekuni dan menelaah manhaj mereka sekitar dua tahun.
Selain itu beliau menyelesaikan pula pelajaran sekolah negerinya sampai terjadinya perang dunia pertama. Akan tetapi sangat disayangkan ketika terjadinya peperangan itu mereka sama sekali tak memiliki onta dan kendaraan melainkan hanya sekedar bersenjatakan dengan senjata ilmu. Beliau beserta sebagian penuntut ilmu bertolak ke Madrasah dengan kehendak mereka sendiri. Di sana Syaikh Sayyid Rasyid Ridha dan Dr. Muhammad Taufik Shidqi rutin mendatangi mereka, rahimahumallah. Setelah berakhirnya peperangan, Madrasah itu pun di tutup.
Akan tetapi para penuntut ilmu adalah orang-orang yang tak pernah puas. Syaikh Hamzah bertekad untuk terus belajar kepada Syaikh Sayyid Rasyid Ridha. Beliau ikut membantu mentas-hih naskah kitab-kitab ilmiah yang akan dicetak di percetakan Al-Manar selain dari ikut serta menghadiri pelajaran-pelajaran yang Sayyid berikan dirumahnya kepada murid-murid terpilihnya Seperti Syaikh Abdurrahman Abu Hajar, Syaikh Abduz Zhahir Abu As-Samah, dan banyak lagi yang lainnya dari para Ulama yang mempunyai keutamaan.

Rujuk Dari Tasawuf

Adalah Syaikh Sayyid Ridha telah menanamkan di diri Syaikh Hamzah kecintaan terhadap Sunnah, juga ketertautan padanya, serta melempar jauh-jauh sikap taqlid yang membuta. Dan tidak lupa pula guru kami ini (Syaikh Hamzah) menjalani jalan yang elok mempesona hingga beliau menceritakan kisah hidayahnya ini, yang adalah beliau sebelumnya seorang yang berfaham Asy’ary yang mempunyai tempat tersendiri, selain di zawiyah-zawiyah sufi. Maka jarak perjalanan lebih jauh dari sekedar ikatan masa di ketika beliau belajar di madrasah-madrasah ilmu, beliau berjumpa dengan seorang yang menyuluhkan cahaya untuk jalan kebenaran yang beliau tempuh; mengenyahkan darinya kegelapan demi kegelapan yang menjauhkan dari jalan yang haq.
Maka berceritalah Syaikh Al-Azhar Muhammad bin Abdurrazzaq Hamzah ini: “dan dalam sebutanku terhadap Syaikh Abduz Zhahir Abu Samah, aku ingin menyebutkan pujian yang indah untuknya disebabkan pentautannya terhadap hatiku untuk mentelaah kitab-kitab Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Syaikh Abduz Zhahir ini adalah guruku di lembaga Ad Dakwah Wal Irsyad dalam masalah tajwid Al-Qur’an dan menulis kaligrafi. Dengan hubungan ini sering terjadi di antara kami diskusi ilmiah tentang masalah tawassul, syafaat, doa orang shalih hingga beliau meminjamkan kepadaku sebuah kitab karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah tentang tawassul dan wasilah. Aku pun mentelaahnya sehingga aku betul-betul mendapatkan pengaruh yang sangat kuat hingga aku pun berbalik arah dari langkahku selama ini, dan bercampurlah kecintaanku terhadap Syaikh Abduz Zhahir bercampur dengan kecintaan terhadap Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dengan darah dagingku. Jadilah aku bebas menelaah semua kitab Syaikhul Islam dan mereka-mereka yag mengikuti beliau selain dari itu aku menelaah pula sebagian kitab yang ditulis oleh murid-muridnya semisal Syaikh Muhammad bin Abdul Hadi, yaitu kitab Ash-Sharimul Munki. Aku pun keluar dengan keyakinan yang kokoh serta keimanan yang kuat, juga pengenalan yang baru terhadap mazhab-mazhab kaum salaf dalam banyak masalah, serta kecintaan untuk menelaah berbagai kitab hadits dan sanad-sanadnya, berbicara tentang rijal-rijalnya, yang semua itu bermula dari berkah mentelaah dua kitab, yaitu kitab At-Tawassul wal-wasilah dan kitab Ash-Sharimul Munki” (selesai cerita Syaikh Hamzah).
Seperti itulah jiwa-jiwa yang besar, dan inilah pemikiran Ulama, seorang yang hidup di antara ilmu dan pegiatnya berpuluh tahun lamanya,yang menjelaskan kepada kita semua hakikat kemurnian dan kesucian yang berada dalam sucinya dirimu dan menyerahnya hanya kepada Al-Haq!! Dan dengan dua kitab itu terang benderang baginya jalan petunjuk hingga beliau kembali kepada Sunnah, berlepas dari kebid’ahan, dan kembali (menjauh) dari jalan Asy’ariyah dengan membawa akidah yang suci dan bersih, yaitu akidah Al-Qur’an dan Sunnah.

Mendakwahkan Tauhid

Setelahnya Syaikh Hamzah pun mengangkat tinggi bendera dakwah kepada tauhid di berbagai tempat yang subur. Beliau bermula dari kampung beliau Kafur ‘Aamir, selanjutnya ke Mesir. Banyak orang mendapat hidayah dengan dakwah beliau ini. Dalam dakwahnya ini beliau ditemani sahabatnya sekaligus gurunya, yang sebelumnya telah merentaskan jalan terang petunjuk, yaitu seorang yang Alim dan utama Syaikh Abduz Zhahir Abu Samah. Selain Syaikh ini –yang juga merentaskan jalan untuk Syaikh Hamzah- yaitu seorang alim dari Syinqith Mauritania, yaitu Syaikh yang mempunyai keutamaan Syaikh Amin Asy Syinqithi. Maka dua orang Syaikh ini saling bantu bahu membahu di Jama’ah Ansharus Sunnah. Selanjutnya Syaikh Hamzah bergerak menuju Mekkah, menjadi Imam di Tanah Haram Mekkah serta mengajar di Masjidil Haran juga di Darul Hadits.

Murid-Murid Beliau

Sungguh telah mewariskan buat kita lautan yang ombaknya bergejolak ini akan gelombang besar para murid-muridnya yang menyebar diberbagai tempat yang subur. Salah seorang muridnya yang menonjol Al-‘Allamah Abdullah Khayyath, Syaikh Ali Hindy, Syaikh Sulaiman Ash-Shani’, Ustadz yang ahli tahqiq Ahmad Abdul Ghafur ‘Aththar , Al-‘Allamah Ahli tarikh Hamd Al-Jaasir, Syaikh Muhammad Shomaly, Syaikh Ismail Al-Anshory, Syaikh Muhammad bin Umar Asy-Syaayiqy As-Sudaany, Syaikh Yahya bin Utsman bin Al-Husain ‘Adzim ‘Abaady, Syaikh Muhammad Al-Faadany, Syaikh Muhammad Nuruddin Husain Jimawy Al-Habsyi, Syaikh Ahli tahqiq Abu Turob Adz-dzahiry, Dr Muhammad bin Sa’ad Asy-Syuwai’ir dan Syaikh Abdullah Al-‘Abdaly-rahimahulloh hayyahum wa mayyitahum-
Syaikh Abdullah bin Sa’ad Al-Ghamidy Al-‘Abdaly pernah bercerita tentang Gurunya Syaikh Hamzah ini tentang hal yang memberi bekas pada dirinya serta sikap beliau menjauhi taqlid dan hanya mengikut dalil “Adalah Syaikh Hamzah ini sangat kokoh berpegang kepada kitab dan Sunnah, dan aku mendapatkan bekas dari pelajaran yang aku ikuti dari beliau hingga aku hanya berjalan hanya beserta dalil sekalipun itu menyelisihi berbagai mazhab dan berbagai pemikiran.”

Karya Tulis Beliau

Syaikh Hamzah selain meninggalkan banyak murid juga meninggalkan banyak karya tulis yang sangat penting dan tidak kurang manfaatnya , sejumlah karya tulis yang snagat berharga, di antaranya : Kitabus Sholah, Asy-syawaahid wan-Nushush, Dzulumaatu Abi Rayah, Al-Muqabalah bainal huda wadh-dholal, Al-Imam Baqilany wa kitabuhu At-Tamhiid, Al-Bahits Al-Hatsis, Ta’liiqatun ‘Alal Hamawiyah Al-Qubra,Ta’liiqatun Ala Al-Kabaair, Ta’liqatun ala risalati Ath-Tholaq, Allahu Rabbul ‘Alamiin, Mawaridu Dzom’aan, Unwaanul Majd, Risalatu At-tauhid Lil-Imam Ja’far Ash-Shodiq, Raudhatul ‘Uqalaa wa Nuzhatul Fudhola (tahqiq dan tashhih), Al-Quraa li Qoshidi Ummul Quraa Lith-thobary (Tahqiq da tashhih).
Demikianlah Syaikh Abdurrazzaq Hamzah menjadi menara petunjuk, penawar bagi yang kehausan, tempat sejuk bagi yang kehausan, sebagai hakikat bagi orang yang berharap fatamorgana dan gelapnya nafsu serta ta’wil. Dan telah menjumpai beliau kewafatan di Negeri Haram Mekkah Al-Mukarromah pada tanggal 22 Shofar 1392 H. Rahimahulloh wa ghofarallohu- dan semoga Allah mengangkat kedudukannya di ’Illiyyiin. Dan kami dengan jejak langkahnya mengikuti, dalam ittiba’ kepada Nabi yang member petunjuk lagi terpercaya. Pula Kepada Nabi Shollallahu alaihi wasallam , keluarganya dan pula sahabatnya seutama-utama sholawat dan salam.
Di terjemah dari tulisan Syaikh Abu Umar Ad-Dausary yang tercatat di :
http://www.alsoufia.com/main/992-1 -.html




Biografi Imam At Tirmidzi

Allah subhanahu wa ta’ala menakdirkan segala kejadian yang ada di alam semesta ini dengan perantara sebab akibat. Seperti halnya jika kita meminta rezeki dari Allah, kita tidak bisa meminta agar Allah ta’ala menurunkan uang atau pun emas langsung turun dari langit. Akan tetapi, kita harus mengambil sebab agar Allah ta’ala memberikan rezekinya untuk kita, yaitu dengan bekerja.
Begitu pula dengan ilmu. Allah ta’ala ingin menghidupkan dan menyebarkan ilmu agama ini untuk seluruh umat manusia dengan dihidupkannya para ulama. Mereka adalah orang-orang pilihan yang telah Allah ta’ala pilih di antara milyaran manusia di muka bumi ini yang bertugas sebagai pewaris para nabi.
Dan di antara para ulama tersebut, yang telah banyak berjasa untuk kaum muslimin adalah Imam Tirmidzi rahimahullahu ta’ala. Beliau adalah salah satu Imam Ahli Hadis terkenal yang memiliki kitab hadis yang monumental yaitu Kitab “Al-Jami’” atau Sunan at-Tirmidzi.
Bagaimanakah biografi beliau? Mari kita simak kisah perjalanan hidup beliau yang mulia. Semoga kita bisa mengambil banyak pelajaran hidup darinya.

Nama Beliau

Salah satu ulama besar yang dimiliki kaum muslimin ini bernama lengkap Muhammad bin ‘Isa bin Saurah bin Musa as-Sulami at-Tirmidzi. Dan beliau memiliki nama kunyah Abu ‘Isa.1

Kelahiran Beliau

Imam ahli hadis ini dilahirkan pada tahun 209 Hijriyah di sebuah daerah bernama Tirmidz. Dan nama beliau tersebut dinisbatkan kepada sebuah sungai yang ada di daerah tersebut yang sering dikenal dengan nama Jaihun. Para ulama berbeda pendapat akan kebutaan yang beliau alami pada waktu itu. Ada yang mengatakan bahwa beliau mengalami kebutaan sejak beliau lahir. Akan tetapi yang benar adalah beliau mengalami kebutaan pada masa tua beliau, yaitu masa setelah beliau banyak melakukan perjalanan untuk menuntut ilmu.2

Kisah perjalanan beliau dalam menuntut ilmu

Pada zaman kita saat ini, sangat jarang kita temukan ada seorang anak muda yang sudah semangat menuntut ilmu agama di umurnya yang masih belia. Biasanya, pada usia yang masih belia, mereka lebih menyukai kebebasan bermain dan beraktivitas. Akan tetapi, dahulu para ulama kita memiliki semangat untuk menuntut ilmu agama sejak usia mereka yang masih muda. Termasuk di antaranya adalah Imam Tirmidzi. Beliau memulai jihadnya dengan belajar agama sejak beliau masih muda. Beliau mengambil ilmu dari para syekh yang ada di negara beliau.3
Kemudian beliau memulai melakukan perjalanan dalam menuntut ilmu ke berbagai negara yang ada di muka bumi ini. Yang mana perjalanan beliau itu hanya ditujukan untuk menimba ilmu agama. Beberapa daerah yang pernah beliau datangi pada saat itu adalah Khurasan, Iraq, Madinah, Mekkah, dan yang lainnya. 4

Guru Beliau

Bagi seorang penuntut ilmu, tidak bisa hanya mencukupkan diri dengan membaca buku-buku dalam rangka menimba ilmu agama. Karena jika hal tersebut dilakukan, maka kesalahanlah yang akan banyak dia dapat daripada kebenaran. Oleh karena itu para penuntut ilmu itu sangat membutuhkan kehadiran seorang guru dalam perjalanannya menuntut ilmu.
Begitu pula apa yang telah dilakukan oleh Imam Ahli Hadis ini. Berbagai negara telah beliau singgahi, sehingga beliau telah banyak menimba ilmu dari para gurunya. Di antara para guru beliau adalah:
  1. Ishaq bin Rahawaih, yang merupakan guru pertama bagi Imam Tirmidzi.
  2. Imam Bukhari. Imamnya para ahli hadis ini adalah termasuk salah satu imam besar yang mana Imam Tirmidzi mengambil ilmu darinya. Beliau adalah guru yang paling berpengaruh bagi Imam Tirmidzi. Dari beliaulah Imam Tirmidzi mengambil ilmu ‘ilalul hadits.
  3. Imam Muslim. Beliau dan Imam Bukhari adalah dua imam ahli hadis terkenal yang ada di muka bumi ini. Kitab hadis karya mereka berdua adalah kitab yang paling benar setelah Alquran.
  4. Imam Abu Dawud.
  5. Qutaibah bin Sa’id.
Dan masih banyak lagi yang lainnya. 5

Murid-murid beliau

Suatu keutamaan bagi orang yang berilmu adalah dia akan menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang banyak dan keberadaannya sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang sadar akan pentingnya ilmu. Setelah beliau menimba ilmu sekian lama dari para gurunya, beliau mengajarkan dan menyebarkan ilmu-ilmunya kepada manusia. Dan di antara muridnya adalah:
  1. Abu Bakar Ahmad bin Isma’il as Samarqand
  2. Abu Hamid al Marwazi
  3. Ar Rabi’ bin Hayyan al Bahiliy
Dan masih banyak lagi yang lainnya. 6

Karya-karya emas beliau

Salah satu hal yang menyebabkan orang berilmu akan selalu terkenang namanya dan terus mengalir pahalanya adalah apabila dia menulis ilmu-ilmunya dalam suatu buku yang akan dibaca oleh manusia hingga akhir zaman. Dan di antara karya-karya beliau yang sampai saat ini dimanfaatkan oleh kaum muslimin terutama para ulama adalah:
  1. Al-Jami’ (Sunan at-Tirmidzi). Kitab yang satu ini adalah kitab beliau yang paling monumental dan paling bermanfaat.
  2. Al-‘Ilal.
  3. Al-‘Ilal al-Kabir
  4. Syamail an-Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Kitab ini termasuk kitab yang paling bagus yang membahas tentang sifat-sifat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.
  5. At Tarikh
  6. Az Zuhd
  7. Al-Asma’ wal-Kuna.7 Dll

Keutamaan beliau dan pujian ulama’ terhadap beliau

Beliau adalah seorang ulama yang memiliki banyak keutamaan sehingga para ulama banyak memberikan pujian kepada beliau. Di antara keutamaan beliau dan pujian ulama kepadanya adalah sebagai berikut:
  • Kitab beliau yang berjudul “Al-Jami’” menunjukkan akan luasnya pengetahuan beliau dalam ilmu hadis, kefaqihan beliau dalam permasalahan fikih, dan juga luasnya wawasan beliau terhadap permasalahan khilafiyah di kalangan para ulama fikih. Akan tetapi beliau cenderung bermudah-mudahan dalam menilai sahih dan hasan suatu hadis.8
  • Abu Ahmad al-Hakim berkata bahwa beliau pernah mendengar ‘Umar bin ‘Allak berkata, “Tidak ada seorang pun yang bisa menggantikan posisi Imam Bukhari sepeninggal beliau kecuali Abu ‘Isa (Imam Tirmidzi) dalam masalah ilmu, kuatnya hafalan, sifat zuhud dan wara’-nya. Beliau menangis hingga matanya mengalami kebutaan, dan hal tersebut terus berlangsung beberapa tahun hingga beliau wafat.”9
  • Imam Abu Isma’il ‘Abdullah bin Muhammad al-Anshoriy10 memberikan sebuah rekomendasi yang luar biasa terhadap beliau, di mana beliau pernah mengatakan bahwa Kitab ‘Al-Jami’ milik Imam Tirmidzi lebih besar manfaatnya daripada kitab hadis yang dimiliki Imam Bukhari dan Imam Muslim. Karena kedua kitab tersebut hanya bisa dimanfaatkan oleh orang yang alim yang tinggi ilmunya, sedangkan kitab Al-Jami’ milik beliau bisa dimanfaatkan oleh setiap orang yang membacanya.11 Akan tetapi hal ini semata-mata hanyalah pendapat seorang ulama’ yang mungkin beliau memandangnya dari sudut tertentu.
  • Abu Sa’d al-Idris mengatakan bahwa beliau adalah seorang imam hadis yang dijadikan teladan dalam masalah hafalan.12
  • Imam adz-Dzahabi mengatakan dalam kitabnya Siyar A’lam an-Nubala’, “Di dalam kitab tersebut (Al-Jami’), terdapat banyak sekali ilmu yang bermanfaat, faedah yang melimpah, dan juga terdapat pokok-pokok permasalahan dalam Islam. Seandainya saja kitab tersebut tidak dinodai dengan adanya hadis-hadis yang lemah, yang di antaranya adalah hadis palsu dalam permasalahan keutamaan-keutamaan amalan saleh.”13

Jasa-jasa beliau

Sesungguhnya jasa-jasa yang telah beliau berikan untuk kaum muslimin sangatlah banyak. Dan di antara jasa yang pernah beliau lakukan untuk kaum muslimin adalah pembelaan beliau untuk ahlussunnah wal jama’ah terhadap kelompok-kelompok sesat yang ada pada zaman beliau. Di antara pembelaan tersebut adalah:
  • Beliau telah menulis sebuah kitab yang monumental yaitu Al-Jami’ yang di dalamnya beliau susun hadis-hadis yang dikhususkan untuk membantah para ahli bid’ah.
  • Beliau telah menulis sebuah pembahasan yang luas dalam kitab tersebut yang dikhususkan untuk membantah kelompok sesat “Al-Qadariyyah” dan juga bantahan terhadap “Al-Murji’ah” yang beliau beri nama “Kitab al-Iman”.
  • Beliau juga membuat pembahasan di akhir kitab beliau tersebut yang khusus membahas tentang keutamaan para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan dua Imam ahli hadis kita, Imam Bukhari dan Imam Muslim, untuk membantah kaum Syi’ah Rafidhah laknatullahi ‘alaihim.
  • Di dalam kitab Al-Jami’ tersebut juga terdapat banyak sekali hadis yang membantah pemahaman Khawarij, Murji’ah, dan Qadariyyah. Dan beliau mengkhususkan pada “Kitab al-Qadr” untuk membantah pemahaman Qadariyyah yang mendustakan takdir Allah.14

Pelajaran yang dapat kita petik dari kisah perjalanan hidup beliau

  1. Jihad itu tidak hanya identik dengan pedang, akan tetapi jihad itu bisa dilakukan dengan ilmu, yaitu berjihad memerangi kebodohan. Seperti apa yang dilakukan oleh para ulama.
  2. Lahirkan penerus generasi pembela Islam dan bangsa ini dengan mendidik anak-anak kita untuk semangat menuntut ilmu agama sejak kecil.
  3. Hargailah, hormatilah, dan doakanlah kebaikan untuk para ulama kita yang telah berjuang dalam mendapatkan ilmu agama dan memberikannya untuk kaum muslimin dalam rangka membela agama ini dan meneruskan perjuangan-perjuangan para nabi dalam menyebarkan ilmu agama.
  4. Mempelajari suatu ilmu terutama ilmu agama membutuhkan adanya seorang guru yang bisa memahamkan penuntut ilmu tersebut. Karena apabila hanya mencukupkan diri dengan membaca buku maka hal itu dapat menyebabkan orang yang melakukannya terjatuh dalam kesalahan karena salahnya pemahaman mereka ketika mengkaji ilmu itu secara autodidak.
  5. Belajar agama adalah suatu hal yang sangat penting bagi kita dan sangat menentukan masa depan kita di kampung yang kekal nanti. Maka dari itu, kita harus mempelajarinya dari seseorang yang benar-benar berilmu. Sehingga kita tidak boleh sembarangan mengambil ilmu agama dari seseorang. Patokannya adalah ketakwaannya dan kapasitas ilmu agamanya, bukan kemahirannya dalam menyampaikan dan melawak.
  6. Jadilah orang yang bermanfaat untuk manusia, dengan menyebarkan ilmu yang bermanfaat untuk mereka melalui lisan dan tulisan.
  7. Berhati-hatilah dengan aliran-aliran menyimpang yang selalu gencar memberikan syubhat dan doktrinnya kepada masyarakat awam. Oleh karena itu, Mari kita bentengi diri kita dari pengaruh-pengaruh tersebut dengan pemahaman akidah yang benar dan lurus. Tidak ada cara lain kecuali dengan terus membekali diri kita dengan ilmu agama yang benar, yang bersumber dari Alquran dan sunah yang dipahami oleh para sahabat Nabi radhiyallahu ‘anhum ajma’in.
Dan tentunya, masih banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kita petik dari biografi beliau tersebut, yang diharapkan bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.
Demikianlah, biografi singkat salah satu ulama kita, Imam Tirmidzi, yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kami pribadi dan para pembaca sekalian. Dan semoga Allah ‘azza wa jalla senantiasa memberikan kita taufik agar kita bisa mengilmui apa yang akan kita amalkan dan mengamalkan apa yang telah kita ilmui. Amin.
Wallahu a’lam bish shawab.
***
Catatan kaki:
  1. Lihat Jami’ al-Ushul, hal. 193
  2. Lihat Siyar, hal. 271/25
  3. Lihat Syarh ‘Ilal at-Tirmidzi, hal. 43/1
  4. Lihat Siyar, hal 271/25
  5. Lihat Siyar, hal 272/25
  6. Lihat Siyar, hal 273/25
  7. Lihat Juhud al-Imam al-Mubarakfuri, hal. 38/1
  8. Lihat Tarikh, hal. 617/6
  9. Lihat Tarikh, hal. 617/6 dan Siyar, hal. 274/25
  10. Biografi beliau bisa dilihat di kitab Thabaqat al-Hanabilah, hal. 245/2
  11. Lihat Tarikh, hal. 617/6
  12. Lihat Siyar, hal. 274/25
  13. Lihat Siyar, hal. 275/25
  14. Lihat Mausu’ah, hal. 388-392/4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar